Selasa, 26 Januari 2016

SILATURAHIM DENGAN ULAMA SEPUH JAKARTA

Silaturahim dengan salah satu dari ulama Sepuh Jakarta, KH Harun Al-Rasyid bin KH Fathullah Harun. (KH Fathullah Harun adalah ulama besar Jakarta yang sezaman dengan KH Abdullah Syafi'i). KH Fathullah Harun sendiri berasal dari Jalan Haji Murtadho Paseban Jakarta Pusat dan merupakan salah satu ulama yang cukup disegani pada masanya, beliau kemudian hijrah ke Malaysia dan wafat di Mekkah. KH Fathullah Harun juga memiliki hubungan dekat dengan Syekh Yasin Al-Padani (Dzurriyah Sunan Giri) dan merupakan pemegang sanad terbanyak.
Bagi kalangan tua PBNU, Anshor, PMII dan sebagian politikus senior yang lama di Jakarta, Insya Allah mengenal KH Harun Al Rasyid ini, Atas kehendak Allah, Alhamdulilah kami bisa bertemu dan banyak mendapatkan ilmu dari beliau yang kini berusia 82 tahun tapi masih dalam kondisi sehat wal afiat. Beliau cukup ramah dan terbuka dalam hal pemikiran Islam bahkan banyak memberikan masukan dan pencerahan Islam. Pada pandangan dan pemahaman kami terlihat jelas bahwa beliau ini bukanlah tokoh sembarangan.
KH Harun Al Rasyid adalah sosok yang sederhana, tidak tampak pada dirinya kalau beliau pernah menjadi orang penting pada masa lalu, bila mendengar apa yang beliau riwayatkan rasanya seperti mendapatkan "harta karun" saja karena penuh dengan nilai sejarah yang tinggi, namun untuk menghormati apa yang telah diamanatkan beliau kepada kami, maka kami hanya menulis profil beliau secara singkat saja...hal ini semata-mata beliau tidak ingin ditonjolkan sisi kehidupannya