Senin, 20 Juni 2016

"KEISTIMEWAAN AMIRUL MUKMININ UMAR BIN KHATTAB RA"

1. Ibadahnya Umar : Banyak para sahabat mengatakan jika Umar adalah sosok orang yang selalu melakukan Sholat malam secara istiqomah sepanjang hidupnya, Siang Harinya beliau berpuasa sepanjang waktu demi hajat untuk rakyatnya, kecuali waktu-waktu yang diharamkan dan ketika melakukan perjalanan jauh. Umar juga sering melaksanakan haji sampai wafat.
2.Keikhlasannya Umar : Nabi bersabda yang ditujukan kepada Umar, “Kelak akan kuwariskan Sepancang bendera kepada seorang lelaki yang sangat cinta dan dicintai Allah dan Rasul-Nya.”
3.Bersahajanya Umar : Beliau memiliki jubah dengan dua belas tambalan serta hanya mempunyai beberapa baju saja, beliau juga makan dengan makanan sederhana, sepanjang melakukan perjalanan Makkah dan Madinah Umar tidak pernah mendirikan tenda atau perkemahan, beliau lebih suka tidur di bawah pohon.
4.Sangat Takut Umar Kepada Allah : Umar sering terlihat menangis dan ketakutan bahkan sering terjungkal (tersungkur) bila mendengar ayat-ayat Al Qur’an. Umar juga paling takut diminta pertanggungjawaban di Akhirat jika ada ada harta baitul mal yang hilang sekalipun itu hanya seekor kambing.
5.Wara dan Hati-hatinya Umar : Umar kerap memuntahkan kembali makanan yang telah masuk ke perutnya karena takut makanan itu haram. seringkali secara ketat Umar selalu menanyakan kepada pembantunya tentang asal usul harta yang akan dia makan.
6.Rendah Hatinya Umar : Umar sering berjalan tanpa alas kaki. Menurut pembantunya, jika Umar sudah marah biasanya kalau dibacakan ayat-ayat Alqur’an seketika kemarahannya surut, beliau juga sering mendengarkan nasehat-nasehat para Sahabat seperti misalnya Ibnu Abbas dan Sayyidina Ali. Salah satu kisah sejarah yang paling dikagumi adalah saat beliau memasuki kota suci Yurusalem dengan menenteng sepatunya dan memegang kekang tali onta sedangkan pembantunya naik diatas untanya, sehingga mengundang decak kagum para pendeta kristen yang ada di dalam kota Yuruselem..
7.Firasat Tajamnya Umar : Allah memberikan kepada Umar sebuah Bashirah (mata batin) untuk mengetahui apa yang samar dalam kehidupan, yang tak bisa diketahui kebanyakan orang.
8.Karamahnya Umar : Beliau pernah mendirikan sholat dua rakaat untuk meminta kepada Allah agar diturunkan hujan kepada sebuah daerah yang kekeringan, tak lama setelah sholat dengan izin Allah maka turunlah hujan. Umar juga pernah memperingatkan pasukan Islam saat berperang di negeri lain agar segera menaiki bukit guna menghindari ancaman musuh, padahal saat itu Umar sedang melakukan Khutbah Jumat di Madinah. Umar juga diberikan Karomah bisa mengetahui kondisi sahabat-sahabat yang sudah dikubur dan berada di komplek pemakaman.
9.Berwibawa Besarnya Umar : Allah mengaruniai beliau dengan wibawa yang besar dan menggetarkan hati dan menggoyahkan nyali orang yang berhadapan dengannya. Ia dapat meruntuhkan hati hati orang yang sombong. Namun kewibawaan ini tidak membuat Umar menjadi zalim.
10.Berhati Sabarnya Umar : Setiap kali Umar marah,lalu disebutkan nama Allah di sampingnya, atau dibacakan ayat-ayat suci, marahnya langsung reda. Kemarahan Umar juga tidak pernah terpancing oleh kezaliman. Sikapnya terhadap orangtua juga sangat takdzim sekalipun orang tersebut menasehati dan memarahinya.
11.Akhlaknya Umar : Umar selalu memuji muji Abu Bakar dan orang orang yang pernah berjasa dalam menuntunnya ke agama Islam, Umar juga dikenal sangat menghormati sahabat-sahabat Rasulullah SAW, bahkan Umar pernah menempeleng seseorang karena menghina Ummul Mukminin, Ummu Salamah, Umar juga pernah memukul seseorang yang berani menghina Ibnu Mas’ud. Umar juga sangat menghormati anak-anak yang ditinggal wafat ayah atau kakaknya saat berperang membela Islam. Sehingga jika ada anak yatim yang tidak diperhatikan, Umar sangat marah.
12.Keilmuwannya Umar : Umar dikenal sangat Alim dan fasih dalam menjelaskan tentang Islam. Hujahnya terkenal kuat, dalilnya jelas, wawasannya sangat luas. Ijtihad dan pemutusan hukumnya tepat dan tak bertentangan dengan Syariat. Beliau hafal Qur’an dengan baik dan faham kandungannya dengan cemerlang. Beliau juga banyak meriwayatkan Hadist Nabi, Total hadist yang diriwayatkan berjumlah 537 hadist. Ia juga banyak mengeluarkan fatwa. Ilmu fiqih Umar dikenal sangat luas.
13.Fiqihnya Umar : Fiqihnya mengacu pada Maqashid Al Syari’ah, pada prinsip prinsip pokok Syariat Islam dengan tetap merujuk kepada kaidah kaidah syariat yang kukuh. Artinya semua rujukan Umar selalu terarah dan terukur.
14.Belas Kasihnya Umar : Biasanya Umar langsung turun sendiri dalam menolong orang-orang miskin seperti pada cerita seorang ibu yang memasak batu hanya demi untuk menenangkan anaknya yang menangis karena kelaparan. Umar juga bahkan sangat melindungi dan menyantuni seorang Yahudi yang miskin dan renta. Umar juga pernah mengobati luka seekor unta hingga sembuh dan menghukum majikan unta itu karena telah berbuat zalim terhadap binatang miliknya.
15.Keadilan Umar : Umar menggunakan seluruh kekayaan negara untuk kepentingan rakyat dan agama. Tidak pernah sedikitpun Umar mengambil bagian dari harta tersebut, apalagi memanfaatkan untuk kepentingan diri sendiri atau keluarga. Pernah saat beliau sakit, rakyat menganjurkan agar Umar minum Madu di baitul mal, Umar menolak denga keras sebelum belum mendapat izin dari penjaga gudang baitul mal.
Sumber :
Dr. Mustafa Murad, Kisah Hidup Umar bin Khattab, Jakarta : Zaman, 2012, hlm 187 - 222