Senin, 20 Juni 2016

Mas Gunawan Mangunkusumo (Guru Politik KH Ahmad Syar'i Mertakusuma Penulis Kitab Al Fatawi)

Ia satu angkatan dengan Sutomo pendiri Boedi Oetomo. Ia juga merupakan salah satu 9 tokoh pendiri Organisasi Boedi Oetomo. Adik Kandung Cipto Mangunkusumo ini dikenal keras dan tegas, posisinya adalah sekretaris 2 di Boedi Oetomo namun dalam prakteknya lebih daripada itu. Tulisan tulisannya tajam dan kritis dan tersebat di berbagai surat kaba tentang di Batavia. Sehingga menempatkan dirinya eebagai propaganda terdepan Boedi Oetomo. Sempat menjadi asisten pengajar di almamaternya STOVIA kemudian melanjutkan studi kedokteran di Belanda dan mendapatkan diploma dolter tahun 1920.
Pemuda inilah yang paling keras reaksinya ketika para dosen menuduh Sutomo hendak melaeab pemerintah hindia Belanda dengan mendirikan Boedi Oetomo. Ancaman memberhentikan Soetomo sebagai siswa STOVIA ditanggapi gunawan dengan mengajak teman temannua k3luat pula dari STOVIA sebagai wujud Solidaritas.
kedekatannya dengan Soetomo semakin tak tergoyahkan ketika Gunawan Menikahi seorang saudara perempuannya. Pada tanggal 27 Mei 1929 Gunawan meninggal. Kakaknya cipto mangunkusumo berkata , " Soetomo telah kehilangan dalangnya".
Bagi KH Ahmad Syar"i mas Gunawan ini bukanlah sekedar guru melainlkan juga sahabat dekat. Gunawan inilah yang banyak memberikan spirit dan motivasi agar Babe Syar"i terus berjuang. Untuk mengenang gurunya ini salah satu cucunya Banr Syar"i diberi nama Gunawan.
Sumber .;
Sebagian dikutif dari Museum Kebangkitan Nasional