Rabu, 23 November 2016

Napak tilas di Sukaifah Bani Saedah (tempat terpilihnya Sayyidina Abu Bakar menjadi Khalifah Pertama)

Ini adalah salah satu tempat bersejarah di Madinah. Di tempat ini dahulunya telah terjadi peristiwa besar yang nantinya akan mempengaruhi jalannya sejarah Islam.
Sukaifah Bani Saedah adalah merupakan tempat berkumpulnya sahabat Anshor yang akan memilih pemimpin untuk menggantikan kedudukan Rasulullah yang belum lama wafat. Namun berkat informasi Ikrimah bin Abu Jahal yang kemudian ditindak lanjuti Umar bin Khattab kaum Muhajirin berhasil meyakinkan Kaum Ansor untuk memilih Abu Bakar menjadi Khalifah. Kecerdasan dan kelihaian Umar telah menjadikan sosok Sayyidina Abu Bakar diterima semua fihak.
Bisa dibayangkan kalau saat itu para sahabat tidak bertindak cepat dalam memilih pengganti Rasul maka potensi perpecahan akan segera mengancam. Saat itu negara Madinah sudah sangat stabil tentu dibutuhkan pemimpin yang kiranya kemampuannya tidak jauh dari sosok Rasulullah SAW. Sayyidina Abu Bakarlah sosok yang pantas untuk itu..
Sayangnya keberadaan tempat ini tidak dibuatkan sebuah bangunan atau paling tidak monumen. Tempat ini hanya dijadikan sebuah taman...Keberadaannya hanya dibuat plang dengan keterangan singkat saja.
Keberadaan tempat ini tidak banyak yang mengetahuinya. Hal ini wajar karena keberadaan tempat ini memang tidak dibuat seperti banguna lain. Lagi lagi peninggalan sejarah kurang begitu diperhatikan.