Rabu, 23 November 2016

NAPAK TILAS GUA HIRO

Untuk yang kesekian kalinya dalam perjalanan di kota suci Mekkah, saya berkesempatan menyunjungi sebuah situs bersejarah yaitu Gua Hiro. Bagi sebagian mereka yang melaksanakan haji, gua hiro merupakan salah satu wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Saya sendiri selama ini mengetahui keberadaan gua ini hanya melalui riwayat riwayat.
Dalam sejarah Rasulullah SAW gua hiro ini merupakan salah satu tempat yang sangat penting dimana beliau telah menerima wahyu yang pertama kali. Disini pula Rasulullah SAW telah melihat langsung bentuk asli malaikat Jibril AS. Istri beliau juga berapa kali datang ke tempat yang bersejarah ini untuk mengantarkan bekal Kanjeng Rasul selama beliau melakukan refleksi dan perenungan.
Saya mendatangi gua ini jam 3 sabtu dini hari bersama teman-teman yang menamakan diri JAMAAH HAJI MBOLANG. Dinamakan Mbolang karena semua anggotanya terdiri dari orang orang yang "gila" untuk berpetualang.
Seperti biasa gambaran gua yang ada di jabal Nur ini tidaklah seperti yang kita bayangkan. Yang dimaksud gua disini hanya merupakan tumpukan batu besar. Salah satu keunikan gua ini yang cukup membuat saya cukup senang adalah dengan banyaknya kucing, binatang peliharaan yang cukup akrab dengan kehidupan saya, dan kucing kucing tersebut semuanya jinak dan bisa disentuh.
Mengunjugi Gua Hiro serasa nyaman dan tenang, pantas saja Kanjeng Rasul kerasan ditempat ini. Sayangnya vandalisme mulai menggerus wilayah ini. Coret coretan dimana mana ada. Sampah juga bertebaran tidak karuan. Yang juga unik di dekat gua hiro ada warung makan...walah.....
Saya merekomendasikan bagi anda yang sudah datang ke Mekkah, datangilah tempat bersejarah ini..sayang jauh jauh dari Indonesia kalau tidak kesini. Ke tempat ini Naik taksi dari Masjidil Harom anda bisa membayar taksin30 real.