Rabu, 23 November 2016

NAPAK TILAS KE MASJID JIN DAN MAKAM MA'LA MAKKAH

Siang ini saya melakukan napak tilas ke makam Ma'la Mekkah. Saya sekarang berada di masjid Jin yang posisinya bersebelahan dengan pemakaman tersebut. Ziarah saya ke Ma'la adalah yang kedua. Yang pertama saya berhasil menemukan makam Syekh Nawawi Al Bantani, Sayyidina Abdullah bin Zubair, Dan putri Sayyiidina Abu Bakar Asma Binti Abu Bakar. Ziarah saya yang pertama sengaja saya tidak membuat tulisan dan mengupload foto, ini saya lakukan untuk menghindari riya' dalam berhaji. Proses haji telah selesai oleh karena itu saya memberanikan diri untuk mencoba untuk membagi informasi hasil perjalanan saya ini, Insya Allah dihati saya tidak ada rasa pamer, semua mutlak demi dakwah melalui kajian sejarah.
Dan yang kedua ini saya akan mencari makam Syekh Yasin Al Fadani dan Sayyid Muhammad bin Alwi Al Maliki. Saya yakin keberadaan ulama Indonesia tempo dulu tidak jauh dari makam Syekh Nawawi Al Bantani. Kali ini saya berziarah seorang diri demi untuk merasakan bagaimana perjuangan para Sahabat Rasul dan ulama kita dalam menegakkan agama Islam. Panas hari ini hampir 50 derajat. Namun Insya Allah panas ini adalah rahmat Allah..waktu saat ini tepat pukul 12.01..