Rabu, 23 November 2016

ZIARAH KE MAKAM BAQI' DI MADINAH AL MUNAWAROH (BALIK KAMPUNG KE NEGERI LELUHUR)

Edisi perjalanan saya dikota suci Madinah kali ini adalah dengan berziarah ke makam Baqi, makam dimana terdapat Ahlul Bait Nabi, Sahabat, Syuhada dan orang-orang soleh.
Di Baqi jumlah makam sebenarnya puluhan ribu. Sayangnya semua makam tersebut dibuat seadanya tanpa ada informasi apapun, padahal bagaimana kita tahu siapa yang akan kita ziarahi. Namun bagi saya semua itu tidak menyurutkan langkah saya untuk menapak tilasi komplek makam yang sangat bersejarah ini.
Di Baqi memang kondisinya hampir sama dengan makam Ma'la Makkah. Selain itu pemerintah Ibnu Saud yang sekarang ini lebih banyak memberikan perhatian atau peringatan peringatan belaka terhadap keberadaan aktifitas di pemakaman. Saya sendiri sih maklum terhadap kondisi tersebut karena memang pemerintah Ibnu Saud memang tidak sefaham dengan hal ini, sehingga tidak heran kata kata yang saya sering dengar di Baqi itu kalau gak " HARAM" ya "MUSYRIK", seolah yang datang dimata mereka adlah orang orang yang terbelakang aqidahnya.
Apapun itu semua saya tidak terlalu memperhatian karena saya lebih fokus untuk mencari makam makam orang penting yang kiranya masih bisa dilihat.
Masuk ke Bagi saya lakukan setelah Sholat subuh, sebelumnya saya terlebih dahulu menziarahi makam Rasulullah SAW, Sayyidina Abu Bakar RA, Sayyidina Umar RA. Dari sini saya terus bergerak ke Baqi. Seperti biasa sebelum mengambil data saya berdoa untuk arwah para penghuni makam yang mulia.
Di dalam komplek makam ini Alhamdulillah saya berhasil mengidentifikasi beberapa makam penting, bahkan beberapa jamaah dari neger lain ikut ikutan saya. Secara kebetulan saya punya buku petunjuk tentang keberadaan siapa saja yang dimakamkan disana. Hal yang juga membuat saya tercengang ternyata menurut ibu saya, di Baqi' ini banyak dimakamkan nenek moyang saya...(wah ini sama saja saya balik kampung). Keterangan ibu saya juga menjawab pertanyaan saya yang selama ini selalu rindu dengan pemakaman Baqi' ini. Saya merasa Baqi" bukan tempat yang asing buat saya....
Mudah mudahan perjalanan ini mendapatkan keberkahan....