Senin, 17 April 2017

FENOMENA UNIK TANAH TUMBUH DI MAKAM KERAMAT (MAKAM WALIYULLAH TUBAGUS SINGA RANTAI KLENDER JAKARTA TIMUR)


Dalam setiap penelitian makam bersejarah selalu saja saya menemukan bentuk makam seperti ini, utamanya makam para Waliyullah, ulama bahkan Mujahid. Memang sih tidak semua makam orang orang mulia itu berbentuk seperti ini, ada juga yang bentuk biasa dan rata. Namun tidak ada salah juga kalau ini kita cermati.

Yang membuat saya penasaran tumbuhnya tanah ini selalu berada di makam makam keramat tersebut seperti makam Waliyullah Tubagus Singa Rantai. Sekilas tumbuhnya tanah ini karena adanya semut yang membuat sarang, tapi anehnya kok semut-semut tersebut betahnya ditempat seperti ini ya ?.

Dalam istilah beberapa teman, tanah ini sering disebut tanah PUNDUNG. Tanah yang menunjukan "kebesaran" shohibul makam. Adanya bentuk tanah ini kadang menjadi daya tarik atau magnet orang untuk berziarah.

Tanah tumbuh yang sudah ratusan tahun biasanya sudah mengeras atau membatu sehingga kalau itu dikatakan sarang semut agak aneh juga..Ayah saya sendiri pernah mengatakan, "kalau kamu menemukan makam yang tanahnya tumbuh atau hidup, maka sesungguhnya mereka yang dimakamkan kebanyakan orang mulia atau keramat..."

Wallahu A'lam Bisshowwab....