Senin, 17 April 2017

MAKAM BERSEJARAH DI TENGAH JAMA'AH TABLIG MASJID KEBUN JERUK


Bismillahirrohmanirrohim..

Ini kata kata pertama saya ungkapan sebelum melakukan penelitian makam bersejarah. Kalimat inilah yang menggugah saya untuk kembali bersemangat melakukan aktifitas napak tilas. Kali ini napak tilas yang saya kunjungi pada hari Sabtu tanggal 10 Desember 2016 adalah makam bersejarah di Jalan Hayam Wuruk Kebun Jeruk Taman Sari Jakarta Barat. Makam dari istri pendiri masjd Kebun Jeruk yaitu Fatimah Hwu yang berasal dari Chinam. Selain makam beliau ada satu lagi makam seorang Patih dari Solo.

Sayangnya penelitian yang akan saya lakukan terhambat karena lokasi makam digembok, pada saat yang bersamaan kegiatan di masjid ini sedang memuncak karena banyaknya jama'ah tablig, jama'ah yang terkenal dengan metode dakwah dor to dor dan dengan batasan waktu tertentu. Beberapa tahun yang lalu setahu saya makam tersebut masih bisa dilihat dari arah dalam masjid, namun kini keberadaannya sudah dikurung ditembok dan kini sudah bisa dilihat lagi kecuali dari lantai atas

Saya sudah berapa kali masuk ke masjid bersejarah ini, namun kalau melihat langsung kegiatan di masjid ini baru tadi siang. Tentu saja adanya jamaah yang nyaris memenuhi isi masjid membuat saya kesulitan untuk mencari infornasi, apalagi pintu makam digembok dan ditutupi dengan adanya tangga dan perlengkapan jamaah tablig. Namun demikian saya tidak kehilangan akal, sayapun mencari celah agar makam yang saya cari itu bisa difoto, sekilas beberapa orang memandang saya, tapi saya cuek saja, mungkin mereka heran melihat pakaian saya yang agak santai...Namun secara umum saya lihat mereka ini ramah...

Masuk ke masjid terasa seperti di pondok pesantren saja...hanya sayangnya di masjid ini keberadaan makam kurang begitu diperhatikan. Padahal cikal bakal berdirinya masjid itu karena andil yang orang dimakamkan...

Al Fatehah untuk Fatimah Hwu....