Senin, 17 April 2017

MAKAM MISTERIUS DI KEMANDORAN I JAKARTA BARAT (Anggota Pitungkah ?)


Salah satu misteri sejarah besar yang belum berhasil saya pecahkan adalah keberadaan makam ini. Dua kali saya kemari tapi baru kemaren sedikit mendapatkan titik terang.

Berdasarkan penelitian tanggal 3 Desember 2016. Ada yang mengatakan makam ini adalah milik seorang ulama mastur yang bernama Syekh Zakaria atau Syekh Gozali. Keterangan lain yang cukup menarik, dikatakan bahwa makam ini adalah sebuah petilasan tempat beristirahat milik Pangeran Aria Jipang atau Aria Penangsang dari Kesultanan Demak Bintoro yang merupakan leluhurnya beberapa anggota Pitung. Nah yang cukup mencengangkan adalah yang terakhir, makam ini berdasarkan info terakhir yang saya dengar adalah salah satu anggota Pitung !

Saya pernah bertanya tentang keberadaan beberapa makam yang ada di sekitar daerah ini kepada ahli waris kitab Al Fatawi. Berdasarkan informasi beliau, selain makam Raden Muhammad Ali dan Dji'ih yang ada di Bandengan dan Kemandoran VIII memang masih ada 5 Pitung lagi yang belum sempat dicari. Bahkan menurut anak bungsu KH Ahmad Syar'i yang ada di Palembang..ada satu orang Pitung yang makamnya tidak jauh dari posisi makam KH Ahmad Syar'i

Saya lebih cenderung menyatakan bahwa ini adalah petilasan Aria Jipang yang kemudian dijadikan makam oleh kluarga besar Pitung. Anggota Pitung yang tertera jelas menetap di sekitaran daerah Jipang Pulorogo (Slipi dan sekitarnya) adalah Ki Jebul dari Rawa Belong, Ki Dulo/Abdulloh Rawa Belong, Ki Abdul Qodir dari Kemanggisan, Ki Rais dari Tenabang, Ki Saman dari Ciledug dan Ki Somad...Anggota Pitung yang lain memang cenderung misterius mengingat mereka itu diburu hidup atau mati..jadi kalau saat ini ada beberapa makam misterius yang ada di sekitaran kemandoran, kemungkinan besar itu adalah salah satu anggota Pitung..

Wallahu A'lam bisshowwab....