Senin, 17 April 2017

MENEMUKAN MAKAM TERTUA DI KARET BIVAK

Secara tidak sengaja pagi ini saya telah mendapatkan sebuah kejutan. Kejutan itu adalah dengan ditemukannya sebuah makam tertua yang ada di pemakaman Karet Bivak.

Pagi ini sebenarnya saya sedang mencari keberadaan makam.Guru Kholid Gondangdia, namun tanpa diduga saya diberi tahu oleh salah satu pengurus makam bahwa di dekat makam Muhammad Husni Thamrin adasebuah makam.tua. Saya sendiri tidak tahu kenapa tiba-tiba pengurus makam menghampiri dan menunjukkan makam tersebut.

Menurutnya makam tua ini adalah yang paling tua di karet..sebelum adanya makam-makam lain, makam ini sudah sudah terlebih dahulu ada. Makam ini menurut beliau banyak yang menziarahi, biasanya ada yang dari Cirebon, Banten dan daerah-daerah lainnya.

Makam yang saya temukan ini bernama KUMPI SARA. Jika melihat nama gelarnya menandakan jika makam tersebut usianya sudah diatas 100 tahun dan jika melihat usia rata rata makam di karet boleh jadi usia makam KUMPI SARA sudah diatas 200 tahun.

Yang juga harus diketahui, disekitar makam ini banyak dimakamkan para pejuang 45, tokoh-tokoh besar dan juga orang-orang terkenal tempo dulu di Jakarta. Saya sendiri sejak dulu percaya dibalik adanya TPU biasanya ada saja makam-makam tua yang justru menunjukkan kalau daerah itu pernah ada kehidupan ataupun peradaban.