Senin, 17 April 2017

PENEMUAN DAHSYAT MAKAM KERAMAT DI WILAYAH KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR (Cikal bakal munculnya nama KRAMAT JATI )

Perjalanan kali ini adalah mencari jejak makam seorang Waliyullah besar yang hidupnya ratusan tahun lalu. Tokoh ini adalah cikal bakal munculnya nama KRAMAT JATI Jakarta Timur.

Selama ini saya sendiri penasaran siapakah yang paling awal disebut sebagai "KRAMAT JATI" itu. Seperti yang saya ketahui di wilayah ini banyak dimakamkan Waliyullah besar pada masanya. Mulai dari makam Al Hawi yang disebut KRAMAT JATI, makam Syekh Ibin yang juga disebut KRAMAT JATI, makam Pangeran Cakrabuana yang juga disebut KRAMAT JATI. Masyarakat setempat sendiri lebih mengenal makam yang berada di seberang masjid Al Hawi adalah makam Kramat Jati karena didekat makam dahulunya ada pohon jati.

Tentu dengan adanya keterangan yang banyak ini semakin membuat penasaran saya siapakah yang sebenarnya disebut makam KRAMAT JATI terutama sebelum era makam-makam yang sudah ada.

Jawaban itu semua baru ketemu setelah saya ketemu salah satu orangtua di condet yang mengatakan kepada saya bahwa asal muasal kramat jati itu muncul dari sebuah makam tua milik seorang Waliyullah yang terdapat di dekat SDN 07 Kramat Jati.

Keterangan beliau segera langsung saya napak tilasi...saya datang tidak ada bekal nama gang, nama jalan, alamat lengkap bahkan nama Shohibul maqom saja masih gelap, taunya bahwa itu adalah cikal bakal munculnya nama KRAMAT JATI. Modal utama saya adalah yakin dan percaya kalau Allah pasti membantu saya karena tujuan saya hanya ingin berziarah dan mengadakan penelitian.

Pada awalnya banyak yang saya tanya tidak ada yang tahu sama sekali keberadaan makam Kramat Jati, bahkan mereka memandang saya secara aneh...tapi buat saya hal ini sudah biasa, tidak melulu orang yang tinggal puluhaj tahun atau penduduk setempat tahu akan keberadaan sebuah makam apalagi makam-makam Waliyullah mastur.

Alhamdulillah setelah 1 jaman bertanya sana-sini dengan Izin ALLAH saya berhasil menemukan makam KRAMAT JATI yang merupakan cikal bakal wilayah Kramat Jati..ALLAHU AKBAR !

Makam yang saya temukan ini bernama SYEKH ABDUL JAFAR atau Raden Sakti disampingnya tertera nama Hj.SIDI JENAR. Makam ini terdapat di gang yang agak sempit yang bernama "Gang rukun" samping SDN 07 Kramat Jati. Posisi persisnya sudah berada di dalam rumah penduduk yang bernama nenek Boni..sehingga apabila mau berziarah kita harua izin kepada tuan rumah.

Dahulunya daerah sekitar makam menurut tuan rumah banyak ditumbuhi Pohon Jati yang lebat tapi itu sekarang tinggal kenangan saja...