Senin, 17 April 2017

Simbol atau Identitas Para Penghulu Mujahid Jayakarta

Selain Golok dan variannya serta senjata lainnya, Orang Jayakarta dulu punya banyak senjata khas. Setiap orang masing-masing punya pegangan. Semakin "berkelas" nilai senjata itu maka akan semakin "TINGGI" PULA kedudukan orang tersebut. Khusus untuk keris Penta atau Punta, biasanya banyak dipegang oleh para pemimpin mujahid Jayakarta. Sehingga keberadaannya pun tidak banyak. Pembuatannya pun dipesan melalui empu yang faham seluk belum senjata.

Keris Penta adalah perpaduan Budaya Sunda dan Jawa. Ini adalah senjata khas Jayakarta yang merupakan perpaduan senjata kujang dan Keris jawa. Munculnya Keris Penta adalah hal yang wajar, Ini disebabkan pada masa itu para keturunan Sunda Kelapa, Banten, Demak, Cirebon telah berbaur menjadi satu menjadi kesatuan rakyat Jayakarta atau yang sekarang disebut Jakarta.

Dengan keris inilah kedudukan para pemimpin mujahid itu diakui pengikutnya. Artinya kalau zaman sekarang senjata seperti ini sama kedudukannya seperti tongkat komando yang sering dipegang oleh para Panglima Militer...