Senin, 17 April 2017

SITUS KRAMAT AMPEL PONDOK RANGGON JAKARTA TIMUR

Hari ini saya mendapati kejutan luar biasa karena telah menemukan situs yang menurut keterangan singkat masih ada hubungan dengan Sunan Ampel..

Hari Sabtu seperti biasa saya selalu berusaha untuk melakukan napak tilas sejarah Jakarta. Sabtu tanggal 19 November 2016 saya melakukan wisata ziarah di Timur Jakarta.
Saya sendiri memperoleh informasi situs ini dari beberapa sumber...yang membuat saya penasaran, kok bisa ada nama Ampel di daerah yang hijau ini. Padahal jarak Pondok Ranggon dan Ampel Denta jauh sekali. Apalagi transportasi zaman dulu masih sederhana.
Situs ini bagi warga Pondok Ranggon "wajib" hukumnya untuk didatangi setiap ada acara adat seperti sedekah bumi.
Menjadi sebuah kajian yang menarik kenapa Sunan Ampel pernah melakukan napak tilas dan berdakwah di tempat ini. Memang jika saya amati lingkungan sekitar sangat membuat orang nyaman untuk tafakur. Satu hal unik juga saya temukan disekitar situs tersebut dengan banyaknya pohon bambu. Benar benar terasa seperti Betawi tempo dulu..
Saya sempat bertanya sama Mbah Jogin yang mengurus makam ini tentang dimana letak makam tokoh yang menjadi sesepuh makam ini, beliau jawab bahwa situs ini merupakan petilasan...namun saya melihat sebuah tanah tumbuh, ada rasa "curiga"di hati saya jika tanah tersebut adalah sebuah makam, namun entahlah, saya tidak mau berspekulasi, apalagi melakukan "terawangan" seperti yang ada di tv, yang jelas setiap bulan maulid dan muharrom tempat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat untuk mengadakan acara besar di lingkungan Pondok Ranggon..
Alhamdulillah saya datang kesini sangat dihormati Mbah Jogin..Bahkan ketika saya datang beliau langsung membersihkan semua area....tentu saja saya tidak tinggal diam, sayapun ikut ikutan membersihkan area...saya dengan senang hati ikut menyapu dan mengepel lantai...Ah serasa seperti zaman dulu saja....
Jakarta harus bangga karena ada situs bersejarah yang lagi lagi membuktikan jika Islam itu sangat identik dengan negeri ini..