Senin, 17 April 2017

SITUS MAKAM BERSEJARAH KI DEKLE CONDET-TANJUNG BARAT YANG TERANCAM DIGUSUR PEMDA DKI KARENA PROYEK BETONISASI CILIWUNG

Salah satu situs makam bersejarah yang berhasil saya temukan beberapa waktu yang lalu adalah makam Ki Dekle bin Muhammad Ali. Pada masa lalu beliau adalah salah satu sosok yang dituakan oleh masyarakat Condet dan Tanjung Barat. Masyarakat mengenalnya sebagai sosok yang menjaga Gedung Besar yang berada dipertigaan rindam dan TB Simatupang (kini sudah hancur terbakar).

Ki Dekle dalam sejarah singkatnya dikenal sebagai sosok yang sederhana. Menurut cerita cicitnya beliau dikenal sosok yang pemurah dan baik hati. Saya sendiri mengenal nama beliau dari beberapa sahabat yang peduli pada sejarah tokoh tokoh Betawi.
Untuk menemukan makam Ki Dekle ini memang saya harus banyak bertanya karena ternyata keberadaan makamnya cukup tersembunyi. Makam beliau sendiri terletak di pinggir sungai Ciliwung persis berada di seberang markas Rindam Jaya. Sayangnya menurut keturunan Ki Dekle, makam ini terancam digusur Pemda DKI karena pelebaran sungai. Padahal menurutnya daerah sekitar makam masih sangat hijau, dan banyak pohon pohon besar. BETONISASI yang sebenarnya merusak lingkungan rupanya sangat mengancam keberadaan makam tokoh Condet Tanjung Barat pada masa lalu ini. Sepertinya Proyek tersebut memang harus dihentikan karena ternyata banyak situs situs penting di pinggir sungai ciliwung..
Selamatkan Lingkungan dan Situs Sejarah Condet dan Tanjung Barat...!!!