Senin, 10 Juli 2017

JEMBATAN SI MANIS JEMBATAN ANCOL YANG KALAU MALAM HARI MASIH TERASA NUANSA "MAGIS" (TITIK AWAL MENCARI MAKAM TERTUA DI JAKARTA)


500 M dari sini sudah ane telusuri bersama sahabat ane yg bernama syarif untuk mencari jejak makam tertua di Jakarta, namun belum menemukan titik temu karena saat ini sudah banyak berdiri gudang gudang besar, padahal dahulu menurut beberapa orang asli Ancol memang banyak nakam-makam kuno..Tanda tanda makam tertua itu ada sebenarnya sudah kami rasakan setelah mendengar salah seorang remaja yang kami temui dan ternyata yang luar biasanya anak ini faham sejarah ancol. Remaja ini bahkan tahu mana mana makam kuno di daerah ini. Hanya sayangnya menurut dia banyak makam yang sudah hilang. Mengenai makam yang kami cari bahkan dia juga pernah mendengar dari kakeknya...Hebat ! Muda tapi faham sejarah Ancol !...tapi siapa anak muda ini ? Ah sampai lupa menanyakan namanya....

Kisah Si Manis sendiri menurut arsip lama Jayakarta adalah kisah seorang Mujahidah yang kemudian didistorsi menjadi cerita murahan dalam bentuk horor..padahal sejatinya yang dimaksud si manis adalah Syahidah Maryam. Beliau adalah seorang mujahidah Jayakarta yang bersama suaminya dikejar kejar Penjajah dan centeng centeng laknat karena perjuangan mereka. Syahidah maryam bersama Husein suaminya adalah masih bagian jaringan mujahidin jayakarta.