Senin, 10 Juli 2017

LAPORAN NAPAK TILAS SITUS MAKAM DI KEBAYORAN LAMA (SYARIFAH KHADIJAH)


Ini adalah hasil perjalanan saya kemaren. Situs makam ini sebenarnya tidak menjadi target napak tilas saya. Tujuan utama ke daerah kebayoran lama khususnya yang berdekatan dengan pasar dan stasiun untuk mencari jejak makam seorang tokoh dari Mataram. Namun tanpa diduga dalam perjalanan ini saya malah mendapatkan info tentang makam keramat ini.

Di sekitar daerah ini saya bertemu dengan Bang Mahmud dari IKB. Dari beliau saya banyak mendapatkan info tentang makam-makam tua di sekitar kebayoran lama. 

Menurut riwayat yang didapatinya dari orangtua dulu, diketahui bahwa Syarifah Khadijah ini adalah ibu asuh Habib Husein Luar Batang. Keterangan ini tentu sangat menarik mengingat sejarah Habib Husein sudah sangat populer.

Betapapun demikian ada hal yang menjadi pertanyaan saya terutama adalah tentang tanggal dan tahun kematian Syarifah Khadijah yang ternyata bila dibaca di batu nisannya berangka tahun 1931. Apakah disini ada kekeliruan pembuatan batu nisan ? Atau jangan-jangan ini adalah Habib Husein yang lain ? Sebab setahu saya memang banyak nama para Sayyid yang mirip baik namanya maupun binnya. Tentu adanya data nisan ini semakin menarik untuk dibahas mengingat cerita beliau sebagai ibu asuh Habib Husein sudah lama diketahui pada lingkungan orangtua yang ada disekitar masjid Al Alkhyar (lihat foto masjid). Yang juga tidak kalah menariknya pengurus masjid mengatakan kepada saya kalau Syarifah KhadIjah ini wafat masih muda.

Syarifah Khadijah sendiri semasa hidupnya dikenal sebagai wanita yang sholihah. Bahkan banyak yang meyakini kalau beliau inj adalah Waliyullah apalagi diketahui bahwa beliau ini mempunyai banyak "keistimewaan" di dalam hidupnya. 

Dahulu makam ini banyak yang menziarahinya, bahkan banyak orang-orang jauh, namun sejak kepengurusan masjid berganti, makam keramat ini jadi tidak terurus dan mulai dilupakan orang, padahal sejak dulu para sesepuh selalu menjaga dan memelihara mak ini...Dahulu makam tersebut diberikan kelambu dan dibangunkan ruangan tapi kini bisa dilihat kondisinya. Padahal hal hal tersebut adalah merupakan kearifan lokal.

Makam ini jelas merupakan "paku" bagi masyarakat sekitar, sudah selayaknya dipelihara dan dijaga...

Al Fatehah untuk Syarifah Khadijah...