Senin, 10 Juli 2017

MENEMUKAN SITUS MAKAM TUA KRAMAT MILIK WANITA SHOLEHAH DI PONDOK LABU YANG BERADA DI DALAM RUMAH..


Jakarta seolah tidak habis akan adanya situs makam dari orang-orang terdahulu yang mempunyai pengaruh pada masyarakat. Kali ini dalam wisata ziarah dan sejarah kembali saya menemukan sebuah makam tua yang tersembunyi. Tidak tanggung tanggung, makam ini terdapat di dalam rumah !


Dalam perjalanan menemukan makam ini kembali saya dihadapkan akan ketidaktahuan masyarakat terutama yang berada di kiri kanan tempat beradanya makam, bahkan ada yang katanya tinggal puluhan tahun namun baru mendengar adanya makam keramat di daerahnya. Makam ini posisinya berada tidak jauh dari seberang masjid pondok labu atau tepatnya berada di jalan Raya Fatmawati No. 5 Kelurahan Pondok Labu Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan (posisi makam berada samping tukang minyak wangi). Makam ini sebenarnya sangat mudah untuk diziarahi namun karena informasinya sangat minim maka dibilang gampang gampang susah untuk menemukannya.

Dimana ada usaha disitu ada jalan. Nasib baik masih berfihak kepada saya, secara kebetulan saya bertemu dengan seorang yang ternyata keturunan dari shohibul maqom. Sempat dia heran dan memandangi wajah saya, mungkin dia heran darimaƱa saya tahu informasi makam tersembunyi milik leluhurnya. Tapi setelah saya jelaskan kalau tujuan saya hanya untuk ziarah dan penelitian sejarah barulah wajahnya tersenyum.

Setelah dapat petunjuk dari keturunan shohibul maqom sayapun bergerak kearah yang dituju, tanpa diduga ternyata keberadaan makam ini ada di dalam rumah penduduk ! Untungnya si pemilik rumah mengizinkan saya untuk berziarah. Suasana sekitar makam sangat bersih dan terawat. Dahulu yang menjaga makam ini seorang wanita tua yang bernama Nyai Banding (kalau tidak salah), kini beliau sudah wafat. Saat ini sekitar makam adalah tempat kos, dahulunya disekitar makam adalah kebun...perubahan zaman menjadikan makam terhimpit bangunan sana sini..

Dalam cerita yang saya peroleh sementara ini, makam ini adalah milik seoramg wanita yang sholehah bernama NYAI SITI AMBARWATI. Dahulunya disekitar makam beliau banyak terdapat pohon labu sehingga dikarenakan banyak tanaman labu, dan pemiliknya merupakan seorang tokoh karismatik yang tinggal dirumah yang dikelilingi pohon labu, dan pada waktu itu juga sering menjadi tempat persinggahan para tokoh agama serta beberapa masyarakat lainnya, maka dinamakanlah daerah ini menjadi Pondok Labu.

https://www.facebook.com/iwan.raraumay

Wallahu A'lam Bisshowwab......