Senin, 10 Juli 2017

PITUNG PENGANUT ILMU RAWE RONTEK ???


Sebenarnya saya agak sungkan untuk menulis tema yang satu ini, tapi bila melihat beberapa informasi yang bertebaran di berbagai situs yang ada, saya akhirnya terpanggil juga untuk menanggapinya. 

Pitung atau Pituan Pitulung adalah sebuah organisasi yang bertujuan melakukan jihad fisabilillah di bumi Jayakarta/Jakarta. Gerakan mereka dibentuk pada tahun 1880 oleh KH Naipin (Ratu Bagus Arifin) yang berasal dari Tenabang. Di bawah bimbingan para ulama-ulama Jayakarta gerakan Pitung menjadi momok besar bagi Pemerintah Batavia. 

Di dalam perjuangan sudah tentu mereka itu dibekali berbagai pengetahuan dan ketrampilan untuk menghadapi penjajah dan antek-anteknya, dari mulai pengetahuan strategi, pengetahuan politik, pengetahuan militer, pengetahuan keorganisasian, pengetahuan diplomasi, pengetahuan Agama dan sudah tentu ketrampilan bela diri yang pada masa itu memang wajib dipelajari. Pitung adalah sebuah gerakan “cerdas” mengingat para anggotanya adalah santri-santri terbaik dari Pesantren Haji Naipin). Mereka adalah kader-kader terbaik yang memang sudah disiapkan para pejuang-pejuang Jayakarta yang berada di balik sosok KH Naipin. 

Secara silsilah sebagian besar anggota Pitung adalah keturunan mujahid-mujahid Jayakarta masa lalu yang tersebar di beberapa wilayah. Para pejuang-pejuang Jayakarta yang namanya tertera di di kitab Al Fatawi itu terdapat di daerah-daerah seperti Jipang Pulorogo (Slipi, Palmerah, Kemandoran, Rawa belong, kemañggisan dan sekitarnya), Cengkareng, Jelambar, Tanah Abang, Kayu Putih, Tangerang, Kampung Bandan, Angke, Pekojan, Jembatan Lima, Ancol, Jatinegara Kaum, dll. 

Nama besar Pitung pada akhir-akhir abad ke 19 sangatlah menggetarkan penjajah, jangan dikira gerakan mereka itu dianggap biasa, karena sekelas Snouck Horgronye saja sampai ikut berkomentar dengan nada kesal karena sulitnya Pitung ditundukkan. Artinya gerakan Pitung benar-benar diperhitungkan oleh penjajah pada waktu itu.

Sebagai sebuah organisasi, sudah tentu dalam perjuangannya Pitung atau Pituan Pitulung mendapatkan banyak halangan dan rintangan. Diantara sekian masalah yang muncul adalah fitnah dan intimidasi yang dilakukan penjajah yang bekerjasama dengan tuan tanah china, centeng-centeng laknat dan marsose. Fitnah terbesar adalah ketika mereka dituduh sebagai perampok. Fitnah yang juga tidak kalah kejinya bahwa Pitung oleh penjajah dituduh menggunakan “ILMU KESAKTIAN” dalam melakukan aksi kriminal. Ironisnya kita sering terjebak dengan pendapat yang terakhir ini. Seolah Pitung hanya merupakan sosok pendekar semata dengan nilai plus kesaktiannya, padahal dibalik itu semua mereka adalah pejuang cerdas yang memiliki wawasan luas serta sangat faham dengan informasi yang berkembang saat itu, apalagi mereka dan guru-gurunya mempunyai jaringan perjuangan yang kuat dengan para pejuang wilayah lain, namun lagi-lagi area perjuangan mereka hanya dianggap “secuil” bagi penjajah dan antek-anteknya.

Sampai saat ini cerita yang paling sering berkembang tentang Pitung adalah tentang “KESAKTIANNYA YANG MANDRAGUNA” ketimbang kecerdasan-kecerdasan mereka dalam perjuangan. Banyak yang lupa kalau Pitung ini telah berhasil melakukan penyadaran-penyadaran kepada rakyat agar berani melawan penjajah, bahkan Pitung juga berhasil “mengunci” ambisi para tuan tanah cina untuk menguasai Jayakarta secara menyeluruh. Mereka juga berhasil melakukan konsolidasi dengan keturunan (trah) pejuang yang ada di Jakarta. Jadi jelas Pitung adalah gerakan yang memiliki cakupan luas, otak dan kemampuan mereka jelas tidak hanya diperuntukkan untuk satu kemampuan saja, sehingga sangatlah ironis bila Pitung hanya diidentikkan dengan kesaktian belaka.

Salah satu yang paling sering dibahas adalah tentang ilmu yang dmiliki Pitung yang menurut sebagian orang adalah RAWE RONTEK. Saya tidak tahu kenapa hingga saat ini banyak yang percaya jika Pitung merupakan penganut ilmu yang kontroversial ini. Bagi anda yang belum tahu tentang ilmu Rawe Rontek ini silahkan tonton film JAKA SEMBUNG yang ditulis oleh Djair Warni dan diperankan oleh Barry Prima.

Namun agar tidak menjadi polemik saya akan mencoba membahas ilmu ini dari sisi pengetahuan yang pernah saya dapati.

Di beberapa daerah Indonesia ilmu Rawe Rontek ini memang ditengarai ada dan benar-benar nyata. Namun kalau itu dikaitkan dengan Pitung yang guru-gurunya ulama semua, rasa-rasanya perlu dikaji kembali pendapat yang mengatakan Pitung menganut ilmu Rawe Rontek. Ilmu Rawa Rontek adalah ilmu yang “diindikasikan” beraliran hitam, karena ilmu ini sifatnya bisa “menangguhkan” kematian ?. Betapapun badan anda dipotong-potong menjadi beberapa bagian namun jika penangkalnya sudah diperoleh, anda bisa hidup kembali seperti sedia kala. Saya sendiri pernah mendengar dari abang saya, bahwa pernah ada di sebelah kampung saya seorang jagoan kampung yang dibantai ramai-ramai oleh jawara lain karena masalah pribadi. Si Jagoan yang dibantai itu setelah tewas tubuhnya dilempar ke sungai Ciliwung, anehnya keesokan harinya, si Jagoan yang tewas itu sudah nongol dengan kondisi segar bugar. Bapak saya sendiri yang pernah hidup di dunia Pasar Senen pernah menyaksikan salah satu temannya “dicincang” rame-rame oleh musuhnya karena masalah “kekuasaan”, Saat itu sebenarnya beliau mau bantu, namun karena masalah ini adalah menyangkut harga diri, beliau hanya menyaksikan saja, apalagi beliau juga tahu bagaimana kemampuan temannya yang "dicincang' itu. Nah setelah dianggap tewas, temannya itu ditinggal begitu saja, tapi keesokan harinya temannya itu datang dalam kondisi sehat wal afiat tanpa kurang suatu apapun bahkan kemudian bisa ketawa ketiwi.

Menurut bapak saya, ilmu rawe rontek sebenarnya memang ada, hanya untuk memperolehnya diperlukan banyak syarat-syarat dan ritual yang berat. Saya pernah bertanya kepada beliau, ‘bagaimana bentuk amalan atau bacaan serta lelaku untuk memperoleh ilmu tersebut?” menurut beliau bacaan yang ada memang bercampur dengan bahasa-bahasa zaman dulu, tapi biasanya diujung kalimat ada penutup kalimat tauhid, Nah loh ? Sedangkan lelakunya kalau tidak sanggup bisa berakibat fatal (maaf kalau yang ini saya tidak bisa menjellaskan). Menurut beliau, mereka yang menganut ilmu ini bawaannya “panas’ dan “mudah marah”, bagi beliau ilmu ini tergolong “jahat” karena didalamnya ada beberapa ungkapan yang menunjukkan “seolah-olah” kita adalah “TUHAN”. Ilmu ini jika sudah masuk dalam ”taraf sempurna” memang luar biasa efeknya jika digunakan, sehingga tidak mengherankan pada era-era tahun 50an menurut beliau banyak para jawara besar Pasar Senen memburu ilmu ini hingga kebeberapa daerah pedalaman di Indonesia. Beliau juga menambahkan, ilmu ini memang “hebat” tapi pada akhirnya banyak orang bernasib tidak baik di akhir hidupnya. Di hari tua bahkan banyak yang menderita dengan adanya ilmu ini. Beliau mengatakan, “kalau bisa anak cucu saya jangan pernah menggunakan ilmu ini, saya haramkan keluarga saya menggunakan ilmu ini, Allah tidak ridho kepada mereka yang memakainya”. 

Dari pemahaman yang saya peroleh langsung dari ayah saya, jelas ilmu ini memang ada dan nyata.

Lantas bagaimana dengan Pitung ? (dalam hal ini mungkin yang dimaksud adalah Ratu Bagus Muhammad Ali Nitkusuma yang merupakan dedengkot Pitung). Apa benar beliau menganut ilmu Rawe rontek ? apa benar kalau dedengkot Pitung ini penganut Rawe Rontek “Putih” seperti yang dikatakan beberapa orang kepada saya. 

Ratu Bagus Muhammad Ali ini dalam hidupnya belajar agama, ilmu silat serta Tarekat kepada KH Haji Naipin (Ratu Bagus Arifin). Kalau ilmu rawa rontek dikaitkan dengan ilmu TAREKAT, saya kok merasa aneh ya ? karena pada masa lalu para penganut tarekat ketika berjuang banyak yang gugur syahid tertembak seperti Ji’ih, atau KH Wasit Cilegon. Kalaupun ada amalan atau zikir di dalam tarekat yang menyebabkan Ratu Bagus Muhammad Ali, Ratu Bagus Muhammad Roji’ih dan ke lima rekannya tidak mempan ditembak, itu semata-mata karena izin Allah, bukan karena mereka menganut ilmu rawe rontek ataupun memakai jimat-jimat. Lagipula tarekat itu kan tujuannya bukan untuk mencari “kekebalan” atau “keduniawian”, tarekat itu justru cara kita untuk mendekatkan diri dengan cara “khusus” yang prakteknya dibawah bimbingan para mursyid, masak iya para mursyid mengarahkan muridnya untuk mendalami ilmu hitam, logikanya dimana ??? Kalaupun nanti ada “kelebihan” yang dmiliki anggota Pitung itu adalah “bonus" yang diberikan Allah karena keistiqomahan penganutnya. Kelebihan yang diperoleh itu karena izin Allah karena mereka itu memang hamba-hamba yang soleh dan mujahid. Kelebihan-kelebihan yang diluar kebiasaan itu dalam taraf wali disebut Karomah, dalam taraf orang soleh dan orang-orang yang dikehendaki Allah itu adalah maunah, sedangkan rawe rontek ini justru cenderung Istidraj yang banyak diberikan untuk orang fasiq dan kafir, apalagi menurut bapak saya ilmu ini ada “campur tangan” jin untuk mengelabui pandangan mata orang awam. 

Sebagian leluhur Ratu Bagus Muhammad Ali dalam sejarahnya banyak yang gugur tertembak dalam jihad fisabillah. Ini semakin menegaskan kalau di dalam darah beliau tidak terdapat “gen” ilmu rawe rontek.. Kalaupun Muhammad Ali badannya dipotong-potong para pembunuh bayaran laknatullah dan marsose biadab, itu bukan karena beliau menganut ilmu rawe rontek, dipotong-potongnya tubuh dedengkot Pitung ini adalah demi untuk menghilangkan sejarahnya. Penjajah tahu, jika jenazah beliau dimakamkan pada satu tempat, maka akan banyak yang menziarahi sehingga pada akhirnya bisa membangkitkan perlawanan kembali. Penjajah itu tahu bahwa tradisi ziarah pada masyarakat Betawi itu sering menimbulkan perlawanan kepada penjajah dan tuan tanah cina. Biarpun penjajah Belanda ini berasal dari Eropa, kepercayaan terhadap budaya lokal setempat masih mereka anggap “suci”, terutama terhadap keberadaan makam-makam yang ada, apalagi negeri ini juga masih kental dengan budaya-budaya yang “agak” mirip dengan budaya kita. Jangan dikira tradisi ziarah kubur tidak berpengaruh pada masyarakat Betawi pada waktu itu. Perlu juga diketahui, setelah jenazahnya dimutilasi dengan cara biadab, sebagian tubuh Muhammad Ali masih sempat diselamatkan oleh keluarga besarnya dan kemudian sebagian tubuh itu dimakamkan di daerah bandengan utara dekat masjid Kampung Baru Jakarta Utara. Dalam kondisi seperti ini cerita sudah selesai, tidak ada lagi istilah Pitung bangkit dari kubur, toh buktinya tubuh Muhammad Ali setelah ditembak, dimutilasi, tidak hidup lagi, padahal tubuhnya itu menyentuh tanah yang merupakan sarat dari ilmu rawe rontek. sekali lagi ini membuktikan jika beliau memang bukan penganut ilmu Rawa Rontek..

Kalau ada yang mengatakan Pitung bangkit dari kubur, itu maksudnya Pitung-pitung lain yang masih berjuang, bukankah anggota Pitung ada 7 ? seperti kH Ahmad Syar'i dan 5 Pitung lainnya yang tersisa. Jadi Pitung, khususnya Ratu Bagus Muhammad Ali bukanlah penganut Rawe Rontek, tapi beliau adalah penganut Islam yang kebetulan mendalami ilmu tarekat kepada para ulama saat itu...dan secara takdir beliau juga diberikan beberapa kelebihan oleh Allah. namun pada waktunya, jika memang ajal menjemput, maka syahidlah beliau......

Semoga ini bisa menjadi pencerah buat kita semua, bahwa Pitung adalah pejuang murni yang menganut syariat Islam tanpa ditumpangi dengan ilmu-ilmu yang aneh yang justru tidak sesuai dengan syariat...Guru-gurunya adalah ulama semua, ajarannya juga sesuai dengan ajaran Majeliis Wali Agung dan Fattahillah yang menganut faham Ahlussunnah Wal Jama’ah...