Senin, 10 Juli 2017

ZIARAH KE MAKAM AS-SYEKH AL ALLAMAH KYAI HAJI ZUHRI BIN MUHAMMAD THOHA AL BANJARI...


Menjelang takbiran kemaren, tepatnya tanggal 24 Juni 2017 mulai pukul 10. 00 s/d 17.15 saya dan sahabat penziarah yang bernama Raden Miko melakukan napak tilas para wali dan tokoh tokoh besar masa lalu di Jakarta. Total yang kami napak tilasi ada 10 makam. Dan Alhamdulillah kami tidak merasa kelelahan apalagi kelaparan...ini karena berkahnya Ramadhan..

Target perjalanan kali ini di daerah Jakarta Barat dan Selatan. Salah satu tujuan kali ini adalah di daerah Jembatan Lima yang lokasinya tidak jauh dari Gang Jamblang Duri Selatan Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Disini menurut beberapa sahabat saya ada makam seorang ulama yang karismatik yang berasal dari Banjari Kalimantan. Mendengar nama Al Banjari sontak saja pikiran saya langsung terlintas kalau beliau yang dimakamkan ini pasti berhubungan kuat dengan Guru Ijai Martapura Kalimantan Selatan. 

Menurut beberapa warga disekitar beliau yang dimakamkan seorang yang Al Allamah dan menjadi paku daerah disini. Posisi beliau sangat dihormati. Saya belum memperdalam riwayat beliau, oleh karenanya saya serahkan tentang beliau kepada akhina Abubakar Al Banjari yang merupakan sahabat saya yang berasal dari Dzuriyah Syekh Arsyad Al Banjari..... 

Kondisi makam di sekitar beliau ini merupakan pemukiman padat...tapi jujur saja masuk ke daerah ini saya merasa adem dan rasanya sudah seperti rumah sendiri saja...